top of page
Search
  • Writer's picturesilvana

Makanan Sunda Yang Cocok Dengan Lidah Masyarakat Indonesia

Updated: Aug 3, 2019


Secara prinsip makanan ciri khas Jawa Barat ini bila disatukan bisa banyak sekali ragamnya. Sebab kita kenal jawa barat pula punyai banyak kabupaten/kota yg semasing punyai makanan ciri khas andalannya. Karenanya di sini kita cuma dapat mengulas yg memang banyak diketahui, unik dengan rasa paling enak tentu. Yuk, langsung kita lihat. Inilah daftar makanan ciri khas Jawa Barat serta wilayah aslinya yg paling unik dengan rasa super enak, sesuai di semua lidah serta membuat nagih yang pasti.


Makanan ciri khas yg masuk daftar pertama kita merupakan nasi liwet. Ya popularitas nasi liwet jadi makanan berat ciri khas Jawa Barat memang tak perlu disangsikan . Bahkan juga di beberapa tahun paling akhir ini, nasi liwet seolah kembali digandrungi oleh orang Indonesia, di luar sunda sekalinya serta orang urban kota. Nasi liwet sunda ini yg tenar datang dari daerah Bandung.


Nasi Tutug Oncom

Jadi mana namanya, Nasi liwet Bandung ini di masak dengan tehnik liwet. Ialah nasi di masak dengan memakai wadah kastrol serta ditutup rapat. Juga digabung dengan beberapa bahan bumbu, seperti santan, cabai, sereh, daun salam, bawang putih/merah. Plus pula biasa ditambah ikan asin atau ikan teri serta petai, bergantung hasrat. Terlintas, kan aroma ikan asin dengan rasa-rasanya yg ciri khas menyatu dengan pulennya nasi yg sudah dicampuri bumbu, tentu membuahkan cita rasa yg kuat serta memukau. Penyajian nasi liwet Sunda sendiri merupakan langsung diberikan bersama-sama wadahnya dalam keadaan masih hangat-hangat. Rata-rata ditambah dengan juga lauk-pauk yang lain seperti ikan pindang, ikan peda, serta tak lupa jadi ciri-khas makanan ciri khas sunda merupakan dibarengi lalapan plus sambal terasi yg pedas.


Nasi liwet paling enak disantap dengan tangan kosong (tidak dengan sendok), serta di letakkan di alas daun pisang sekalian lesehan. Tentu tak sendirian, tetapi harus bareng-bareng rekan atau keluarga besar. Mantap yang pasti. Mengenai memang yg namanya nasi liwet tidak cuma berada pada wilayah Sunda, tapi di kenal juga di Jawa Tengah, utamanya Solo. Tetapi tentu ada ketidakcocokan dari sisi bumbu serta lauk pauk yg bagikan. Masihlah dalam category nasi-nasian, makanan ciri khas Jawa Barat selanjutnya merupakan Nasi Timbel atau di Sunda sendiri dimaksud Sangu Timbel. Masakan ini cukup digemari banyak orang, utamanya di Jawa Barat serta Banten.Khasnya nasi timbel ini merupakan sebab dibungkus panas-panas memakai daun pisang serta dibuat mirip tabung / selongsong. Sejarahnya nasi ini dahulu kerap dibawakan pada banyak petani dahulu kala buat makan di sawah. Sebab dengan dibungkus daun pisang sesuai itu, nasi semakin lebih awet juga beraroma harum.


Nasi Lengko

Nasi timbel jaman sekarang banyak pula diberikan jadi menu di restoran-restoran Sunda, utamanya di daerah Bandung. Paling enak disantap bersama krupuk, petai serta lauk-pauk yang lain seperti tahu atau tempe goreng, ikan goreng juga ayam goreng. Tak lupa, satu kali lagi jadi ciri-khas makanan ciri khas jawa barat, tak komplet rasa-rasanya bila tak dikonsumsi bersama sambel terasi serta lalapannya.



Selanjutnya merupakan nasi lengko atau sega lengko. Datang dari wilayah Cirebon Jawa Barat. Nasi ini kaya sayur mayur serta tak gunakan lauk daging, sampai-sampai amat sesuai disantap buat kamu yg vegetarian. Menengok dikit perihal sejarahnya, penyebutan lengko itu datang dari kata langka. Dalam konteksnya, langka di sini menunjuk pada tak terdapatnya lauk-pauk yg mengikuti nasi ini. Ya memang dahulu nasi ini ditujukan buat rakyat jelata/biasa serta kerap dibikin waktu keadaan keuangan tengah terperosok.


Penyajiannya demikian simpel, cuma nasi putih ditambah lagi dengan potongan tahu serta tempe goreng. Diberi tambahan rebusan tauge serta sayatan timun yg lantas disirami dengan bumbu kacang yg gurih. Tidak lupa pula kecap manis jadi penyedap rasa. Tertarik buat coba nasi lengko? Buat Anda yg bertandang ke Cirebon harus sekali coba. Atau bila tertarik mengkreasikannya sendiri di dalam rumah, silahkan. Rasakan sensasi nikmat dalam kesederhanaan. Selanjutnya kita punyai nasi Tutug Oncom jadi satu diantara makanan ciri khas Jawa Barat dari daerah Priangan Timur, kota Tasikmalaya.


Lotek Dorokdok


Seperti namanya, makanan ciri khas ini terbagi dalam nasi putih yg masih hangat dengan taburan oncom di atasnya. Sampai-sampai penyajiannyapun memang seharusnya masihlah dalam keadaan hangat. Sebab rasa gurih serta asin pada oncom yg sudah diberikan bumbu penyedap menyatu dengan pulennya nasi putih hangat dapat berikan sensasi rasa yg mantap di lidah. Buat lauk tambahannya sendiri biasa ditambahkan dengan taburan ikan asin kecil juga sambal uleg cabe rawit+garam (sambal goang) yg super pedas, plus lalapannya yg membuat fresh.Dari yg dahulunya nasi ini cuma ditujukan buat kelompok orang miskin, saat ini nasi TO seolah naik tahta jadi satu diantara makanan ciri khas Jawa Barat yg banyak digemari bermacam kelompok.


Nasi Tutug Oncom saat ini banyak diberikan pula sebagai menu pilihan di sejumlah rumah makan pada harga yg amat dapat dijangkau. Dengan rata-rata uang Rp. 4.000 – 5.000 saja, Anda dapat memakan satu buah porsi nasi Tutug Oncom yg enak serta ciri khas ini. Seusai senang dengan style nasi-nasian ciri khas sunda, selanjutnya ada yg namanya mie kocok. Selidik punyai selidik, riwayat penamaan Mie kocok sendiri merupakan dari langkah membuat. Mie kocok dibikin dengan terlebih dulu mencelupkan mie serta tauge pada air panas, lantas mengocoknya sampai jadi tampil lumayan layu. Tetapi tak semua mie kocok diberikan lewat cara sesuai itu.

1 view0 comments
bottom of page