top of page
Search
  • Writer's picturesilvana

Makanan Ciri khas Aceh yang Harus Masuk Daftar Kulineranmu

Tidak cuma kaya tradisi serta budayanya yang unik, Aceh dikenal juga mempunyai banyak kuliner ciri khas yang lezat. Kuliner ciri khas Kota Serambi Mekkah ini diketahui mempunyai cita rasa rempah yang benar-benar kuat. Tidak bingung jika beberapa orang suka dengan masakan Aceh.


Nah, jika kamu main ke Aceh, ada banyak kuliner yang perlu kamu coba. Misalnya seperti jejeran kuliner di bawah ini.


Mie Aceh



Mie Aceh adalah salah satunya kuliner ciri khas Aceh yang sangat ikonik. Mie satu ini mulai gampang diketemukan di beberapa kota besar di Indonesia.


Mie aceh umumnya diberikan dalam dua variasi, yakni digoreng atau kuah. Kecuali bumbu rempah yang kuat, mie Aceh umumnya punyai keunikan dengan topping yang eksklusif, dari mulai cumi, udang, daging sapi, sampai kepiting.


Mie jalak Sabang


Kecuali mie Aceh, ada pula mie jalak Sabang yang pantas kamu coba waktu berkunjung di Aceh Utara. Struktur mienya kenyal. Umumnya diberikan dengan potongan daging, telur rebus, taoge, serta disiram kuah kaldu yang gurih.


Sate Matang


Aceh punyai sate ciri khas, yaitu sate masak. Sate ini dapat kamu dapatkan di wilayah Masak, Kabupaten Bireuen. Yang membuat spesial ialah proses memasaknya. Sate masak umumnya memakai daging kambing atau sapi.


Daging kambing umumnya akan diungkep dengan bumbu ciri khas Aceh, sebelum selanjutnya dibakar. Sate masak selanjutnya diberikan dengan kuah soto yang gurih.


Sambal ganja


Walau namanya sambal ganja, tetapi sambal yang punyai nama lain asam udeung ini tidak betul-betul memakai ganja, kok. Sambal ciri khas Aceh ini dinamakan ganja, sebab diakui akan membuat siapa juga yang cobanya suka karena sangat nikmatnya.


Sambal ganja memakai udang untuk salah satunya bahan penting. Sambal ini punyai cita rasa berbagai macam yang bersatu pada sebuah cobek.


Pedasnya cabai bersatu gurihnya udang, lalu ditambah rasa asam fresh dari belimbing wuluh muda, dan aroma wangi dari daun jeruk serta serai. Hmmm nikmat!


Ayam tangkap



Ayam tangkap dibuat dari ayam muda yang digoreng kering dengan cabai hijau serta daun teumura. Ayam tangkap umumnya dibuat dengan potongan-potongan kecil. Waktu diberikan, ayam goreng umumnya tersembunyi dibalik tumpukan cabai hijau serta daun teumura yang telah digoreng kering.


Dendeng rusa


Jika umumnya dendeng memakai daging sapi, Aceh punyai dendeng yang memakai daging rusa untuk bahan intinya.


Sama dengan dendeng biasanya, daging akan diproses sampai kering. Dendeng rusa punyai cita rasa yang gurih serta umumnya dibuat oleh-oleh ciri khas Aceh.


Kuah sie itek


Kuah sie itek adalah salah satunya kuliner lezat yang datang dari wilayah Bireuen. Bahan intinya ialah daging itik atau bebek.


Masakan berkuah yang satu ini benar-benar disukai oleh warga Aceh. Daging itik umumnya dibuat memakai bumbu ciri khas dengan rasa rempah yang kuat serta tidak amis.


Kuah pliek u



Kecuali kuah sie itek, ada juga kuah pliek u. Kuliner ini adalah masakan ciri khas Aceh Barat. Kuah pliek u terbagi dalam sayuran yang banyak diketemukan di tanah Aceh. Kecuali lezat, kuah pliek u punyai arti yang dalam. Umumnya melambatgkan kekerabatan yang erat serta keberagaman warga Aceh yang dikumpulkan ke satu kuali besar.


Eungkot keumamah


Eungkot keumamah adalah masakan yang dibuat dari ikan tuna atau ikan tongkol. Ikan umumnya akan di rebus, dibalur dengan abu dapur, serta dikeringkan sampai keras, baru dipotong-potong untuk diproses.


Ikan selanjutnya dibuat dengan santan kelapa, cabai, kentang, dan bahan rempah ciri khas Aceh yang lain.



Berikut ini kami share hanya khusus untuk anda para pecinta kuliner di indonesia link yang terbaik dan populer yang akan sangat bermanfaat bagi anda sebagai referensi anda dalam membaca :


Terima kasih.

1 view0 comments
bottom of page